Sabtu, 07 November 2015

Keputusan Pendanaan



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Perusahaan merupakan suatu organisasi yang diciptakan dengan bertujuan mencari keuntungan. Di era Globalisasi ini perusahaan harus pintar-pintar menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya yaitu melakukan listing dalam bursa efek. Dengan ini maka perusahaan bisa menilai harga perusahaan dari sisi saham yang tercerminkan sekaligus nilai ini akan menjadi tolok ukur kinerja perusahaan hal tersebut  dikarenakan harga yang ada dalam saham menunjukkan fair price  atau nilai wajar.
Keputusan dari perusahaan berkenaan hal-hal strategis kemajuan perusahaan akan memiliki dampak simultan dan berkelajutan. Disisi ini ketepatan dari penilaian kebijkan sangat berpengaruh. Keputusan investasi dan pembiayaan diperlukan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Untuk lebih jelasnya mengenai keputusan pendanaan akan dijelaskan dalam makalah berikut.

B.     RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah dari makalah ini yaitu bagaimana perusahaan menentukan keputusan pendanaan yang cocok dengan keadaan perusahaan?

C.    TUJUAN
Tujuan dari makalah ini yaitu untuk mengetahui dan memahami bagaimana perusahaan menetukan keputusan pendanaan sebagai tolok ukur kinerja perusahaan.


 
BAB II
PEMBAHASAN

A.      PENGERTIAN KEPUTUSAN PENDANAAN
Keputusan pendanaan adalah keputusan yang berhubungan dengan penentuan sumber dana yang akan digunakan, penentuan perimbangan pendanaan yang optimal, dan perusahaan menggunakan sumber dana dari dalam perusahaan atau akan mengambil dari luar perusahaan.[1]
Keputusan pendanaan membahas mengenai sumber dana yang digunakan untuk membiayai suatu investasi yang sudah dianggap layak. Masalah penarikan dana ini dianggap menarik karena setiap dana yang digunakan pasti mempunyai biaya yang sering disebut dengan biaya dana (Cost Founds). Jika dana yang digunakan berasal dari hutang maka dana tersebut pastilah mempunyai biaya minimal sebesar tingkat bunga, tetapi jika dana yang digunakan berasal dari modal sendiri (Equity Capital) maka masih harus mempertimbangkan Opportunity cost bagi modal sendiri yang dimaksud.
Biasanya biaya atau dana bervariasi, ada yang mahal ada pula yang murah. Oleh karenanya masalah pemilihan jenis dana yang akan digunakan memerlukan pertimbangan yang cukup matang. Artinya penentuan jenis dana yang akan digunakan mempunyai dampak langsung terhadap pencapaian tujuan perusahaan. memang masih diakui bahwa masih ada teori yang mengatakan bahwa keputusan pendanaan tidak akan mempengaruhi nilai perusahaan, tetapi suatu teori hanya akan berlaku apabila asumsinya dapat dipenuhi.
Investasi dalam aktiva biasanya membutuhkan pendanaan jangka panjang. Terdapat tiga sumber dana yang bersifat jangka panjang, yakni :[2]
1.      Penerbitan saham baru
2.      Penerbitan obligasi
3.      Laba ditahan
Adapaun pendanaan yang bersumber pada penerbitan saham dan obligasi baru sering disebut sebagai pendanaan ekstern, sedangkan yang bersumber pada laba ditahan disebut sebagai pendanaan intern. Adapun keputusan pendanaan akan menyangkut penentuan kombinasi yang optimal dari penggunaan berbagai sumber dana yang pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua yaitu:
1.      Yang berhubungan dengan pendanaan ekstern karena akan mengarah pada pengambilan keputusan mengenai struktur modal, yakni akan menentukan proprsi antara utang jangka panjang dan modal sendiri. Hal ini akan tampak pada debt to equity ratio perusahaan tersebut.
2.      yang berhubungan dengan pendanaan intern, aplikasinya adalah penentuan kebijakan deviden yang digambarkan melalui dividen payout ratio.
Keputusan pendanaan akan menyangkut penentuan secara optimal
mengenai (a) struktur modal dan (b) kebijakan deviden.
Penentuan keputusan yang optimal mengenaistruktur modal dan kebijakan dividen ini berhubungan dengan upaya pencapaian tujuan perusahaan. Dalam teori keuangan tradisional dinyatakan bahwa tujuan perusahaan adalah memaksimumkan kemakmuran para pemegang saham. Dengan keputusan pendanaan yang optimal secara teoritis akan dapat mengarah pada peningkatan kemakmuran para pemegang saham.

B.     SUMBER-SUMBER DANA PERUSAHAAN
Sumber dana perusahaan dibagi menjadi dua bagian yaitu sumber dana menurut jangka waktunya dan sumber dana menurut asalnya:[3]
Sumber-Sumber Dana Perusahaan Ditinjau Dari Asalnya Dibedakan Menjadi Dua Yaitu:
1.      Sumber intern (internal sources)
Dana yang berasal dari sumber dana intern adalah dana atau modal yang dibentuk atau dihasilkan sendiri di dalam perusahaan seperti laba ditahan (retained earning) dan penyusutan (depreciation). Ditinjau dari penggunaan atau bekerjanya kedua dana tersebut di dalam perusahaan tidak ada bedanya.
            Besarnya laba ditahan atau cadangan dipengaruhi oleh besarnya laba yang diperoleh selama periode tertentu, dividend policy dan plowing back policy yang dijalankan oleh perusahaan. Meskipun jumlah laba yang diperoleh selama periode tertentu besar, tetapi karena perusahaan mengambil kebijakan bahwa sebagian besar dari laba tersabut dibagikan sebagai dividen, maka bagian laba yang ditahan akan kecil jumlahnya, dan sebaliknya laba ditahan akan cenderung besar kalau perusahaan mengambil kebijakan penanaman kembali dalam perusahaan yang besar.
            Sumber intern selain berasal dari laba ditahan atau cadangan juga berasal dari setiap depresiasi. Besarnya depresiasi setiap tahunnya tergantung pada metode depresiasi yang digunakan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sementara sebelum depresiasi tersebut digunaan untuk mengganti aktiva tetap yang akan diganti, dapat digunakan untuk membelanjai perusahaan meskipun waktunya terbatas sampai saat penggantian tersebut. Selama waktu itu depresiasi merupakan sumber dana atau modal didalam perusahaannya sendiri.
2.      Sumber ekstern
Sumber ekstern (external sources) adalah sumber dana yang berasal dari luar perusahaan, dana yang berasal dari sumber ekstern  adalah dana yang berasal dari para kreditur dan pemilik, peserta atau pengambil bagian didalam perusahaan. Dana atau modal yang berasal dari para kreditur merupakan hutang bagi perusahaan yang bersangkutan dan modal yang berasal dari kreditur tersebut biasa disebut sebagai modal asing. Metode pembelanjaan dengan menggunakan modal asing disebut pembelanjaan asing atau pembelanjaan dengan hutang (debt financing).
Dana atau modal yang berasal dari pemilik, peserta atau pengambil bagian didalam perusahaan merupakan dana yang akan tetap ditanamkan dalam perusahaan yang bersangkutan, dan dana ini dalam perusahaan tersebut akan menjadi modal sendiri. Metode pembelanjaan dengan menggunakan dana yang berasal dari pemilik atau calon pemilik tersebut disebut pembelanjaan sendiri (equity financing ). Dengan demikian makan dana yang berasal dari sumber ekstern adalah terdiri dari modal asing dan modal sendiri.
Pada dasarnya pihak-pihak pemberi dana atau kodal ekstern yang utama dapat digolongkan dalam tiga  golongan yaitu:
a.       Supplier
Supplier memberikana dana kepada suatu perusahaan didalam bentuk penjualan barang secara kredit, baik untuk jangka pendek (kurang dari  1tahun), maupun  untuk jangka menengah (lebih dari 1 tahun kurang dari 10 tahun).
b.      Bank
Bank adalah lembaga kredit yang mempunyai tugas utama memberikan kredit di samping pemberian jasa-jasa lain dibidang keuagan. Pemberian kredit oleh bank bisa jangka pendek (kurang dari satu tahun), jangka panjang (lebih dari 1 tahun kurang dari 10 tahun) dan jangka panjang (lebih dari 10 tahun).
c.       Pasar modal (capital market)
Pasar modal merupakan sumber dana ektern bagi suatu perusahaan, dimana pasar modal didefinisikan adalah suatu pengertian abstrak yang mempertemukan dua kelompok yang saling berhadapan tetapi yang kepentingannya saling mengisi, yaitu investor disatu pihak dan emiten yang membutuhkan dana jangka menengah ataupun jangka panjang dilain pihak, atau dengan kata lain adalah tempat (dalam artian abstrak) bertemunya penawaran dan permintaan dana jangka menengah atau jangka panjang. Dimaksudkan dengan pemodal adalah perorangan atau lembaga yang menanamkan dananya dalam efek, sadangkan emiten adalah perusahaan yang menerbitkan efek  untuk ditawarkan kepada masyarakat.
Fungsi pasar modal adalah mengalokasikan secara efisien arus dana dari unit ekonomi surplus tabungan (saving surplus unit) kepada unit ekonomi yang mempunyai defisit tabungan (saving deficit unit). Dalam pasar modal dibedakan antara pasar perdana dan pasar sekunder. Dimaksudkan dengan pasar perdana adalah pasar bagi efek yang ertama kali diterbitkan dan ditawaran dalam pasar modal,  sedangkan pasar sekunder adalah pasar bagi efek yang ada dan sudah diperdagangkan dalam bursa efek.
Dalam bursa efek, pemodal besar dan kecil, baik perorangan maupun lembaga-lembaga seperti dan pensiunan,perusahaan asuransi, ataupun perusahaan-perusahaan lainnya dapat membeli maupun menjual saham atau efek-efek lainnya. Harga dari saham atau efek-efek lain berubah-ubah sesuai dengan perubahan keseimbangan antara penawaran dan permintaan terhadap efek yang bersangkutan. Harga dari efek sebenarnya juga merupakan barometer dari pandangan mereka mengenai masa depan industri dan ekonomi pada umunya.
Pasar modal merupakan sumber utama bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan dana dengan jumlah besar dan akan terikat untuk jangka waktu yang panjang. Bagi emiten dana yang diperoleh dari penerbitan atau emisi saham merupakan sumber dana yang akan tertanam dalam perusahaan untuk jangka waktu yang tidak tertentu waktunya, sehingga merupakan sumber dana permanen, meskipun bagi pemodal investasi dala saham tersebut dapat meruoakan investasi sementara karena saham tersebut dijual sewaktu-waktu pada saat mereka membutuhkan dana.

Sumber Dana Menurut Jangka Waktunya Dibagi Menjadi Dua Yaitu:[4]
1.      Sumber dana jangka pendek
Sumber dana jagka pendek merupakan sumber dana yang tertanamkan didalam perusahaan maksimum satu tahun. Ada beberapa jenis sumber dana jangka pendek yang dipergunakan oleh perusahaan yaitu:
a.       Accrual Account
Merupakan jenis hutang bebas bunga, misalnya kebiasaan perusahaan membeyar gaji karyawan mingguan atau bulanan.dengan demikian  dalam neracanya akan tampak rekening upah sebagai hutang gaji yang belum dibayarkan, rekening ini akan meningkat secara otomatis jika kegiatan perusahaan juga meningkat. Sebelum waktu membayar gaji tersebut, perusahaan dapat menggunakan dana tersebut tanpa biaya bunga, dalam arti bahwa perusahaan tidak perlu membayar bunga atas hutang gaji.
b.      Hutang dagang
Hutang dagang merupakan sumber pembelanjaan yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan –kebutuhan jangka pendek. Kredit ini mempunyai sifat, selain spontanitas dengan kegiatan perusahaan, juga relatif cepat diperoleh, tidak memerlukan persyaratan-persyaratan formal. Periode discount yang diberikan pada bentuk kredit dagang ini seharusnya dimanfaatkan, karena biaya modal efektif dari kredit  tersebut cukup besar apabila tidak dimanfaatkan.[5]
Misalnya perusahaan seringkali dapat membeli persedian yang diperlukan secara kredit dari perusahaan lain, sebagai contoh perusahaan melakukan pembelian setiap hari Rp 100.000 dengan syarat pembayaran net 30. Ini berarti bahwa perusahaan dapat membayar pada setiap akhir bulan. Dengan demikian secara keseluruhan perusahaan akan memiliki hutang dagang sebesar tiga puluh kali pembelian harian sebesar Rp 3.000.000
c.       Hutang bank
Sumber dana jangka pendek yang biasanya dikeluaran oleh bank-bank komersial. Bentuk pembelanjaan ini disebut tidak spontan karena tidak berubah secara otomatis dengan aktifitas perusahaan. Biaya hutang jangka pendek ini sangat bervariasi untuk berbagai peminjam pada suatu waktu tertentu. Secara teoritis tingakat bunga akan cenderung tinggi bagi peminjam yang beresiko tinggi dan sebaliknya relatif rendah untuk peminjam yang bonafid. Begitu juga tingakat bunga pinjaman untuk jumlah yang kecil relatif lebih besar dibandingkan dengan tingkat bunga pinjaman dengan jumlah yang besar karena biaya tetap yang berkaita dengan pemrosesan pinjaman ini adalah sama.
d.      Commercial paper
Commercial papers umunya tidak menggunakan jaminan apa-apa, pembeli surat berharga percaya kepada nama baik dan reputasi perusahaan yang mengeluarkan. Sedangkan untuk kredit dari bank, tentu memerlukan jaminan. Commercial papers ini biasanya dikeuarkan dalam satuan yang relatif besar dengan bunga yang lebih rendah daripada prime rate. Commercial papers  biasanya jatuh tempo dalam waktu satu hingga sembilan bulan. Di beberapa negara maju Commercial papers mendapat penilaian atau ranking dari rating agencies. Setiap lembaga penilaian mendasarkan pada standar penialian yang berbeda, namun karena pada umumnya perusahaan yang menjual Commercial papers adalah perusahaan yang solid, maka penilaian biasanya dititikberatkan pada aspek likuiditas.
e.       Factoring (anjak piutang)
Bedasarkan surat Keputusan Menteri Keuangan No 1251/KMK.013/1988 tanggal 20 Desember  1988, yang dimaksud dengan perusahaan anjak piutang adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk pembelian atau pengalihan serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dari transaksi perdagangan dalam atau luar negeri. Disamping penatausahaan penjualan kredit serta penagihan piutang perusahaan nasabah. Kegiatan factorng biasa dilakukan oleh perusahaan anjak piutang dan bank. Perusahaan anjak piutang harus mendapat persetujuan Menteri Keuangan dan berbentuk perseroan atau koperasi. Sedangakan bank jika akan melakukan pembelian anjak piutang harus melaporkan aktivitasnya kepada Menteri Keuangan.
2.      Sumber dana jangka menengah
Hampir sebagian besar perusahaan tidak bisa memperoleh sumber dana tanpa menggunakan jaminan. Untuk itu mereka harus memberikan berbagai jaminan kepada pihak pemberi dana. Kredit jangka menengah, semua merupakan kredit yang menggunakan jaminan. Istilah jangka menengah menunjukkan bahwa kredit tersebut berjangka waktu satu tahun lebih, tapi umumnya kurang dari 10 tahun.
Bentuk-bentuk kredit jangka menengah diantaranya adalah
1)      term loan
merupakan salah satu jenis pembiayaan jangka menengah. Term loan ini biasanya disediakan oleh bank komersial, peruahaan asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan pemerintah dan supplier perlengkapan. Dipandang dari biaya modalnya, term loan ini memiliki biaya yang lebih rendah dari pada modal saham ataupun obligasi. Hal ini disebabkan karena jika perusahaan harus mengeluakan saham atau obligasi, maka harus membayar biaya emisi, pendaftaran dan biaya lainnya yang berakaitan dengan pengeluaran saham atau obligasi. Selain itu tidak semua perusahaan memenuhi persyaratan untuk menjual saham dan obligasi.
Dibandingkan dengan hutang jangka pendek, term loan ini lebih baik karena tidak segera jatuh tempo dan peminjam memberikan jaminan pembayaran secara periodik yang mencakup bunga dan pokok pinjaman. Bagi kreditur jamina  atas pembayara secara periodik ini dapat diperjual belikan kepada pihak lain biasanya lembaga pengumpul piutang. Dalam term loan biasanya perjanjian mensyaratkan bahwa pokok pinjaman dan bunganya dibayar dengan jumlah yang sama secara periodik.
2)      Equipment loan
Equipment loan merupakan pembiayaan yang dipergunakan untuk pengadaan perlengkapan baru. Equipment loan biasanya diberikan untuk perlengkapan yang dengan mudah diperjual belikan, bukan perlengkapan yang terspesialisasi. Peminjaman biasanya menanggung beban lebih tinggi dari harga perlengkapan tersebut dan selisihnya antara harga perlengkapan dan beban total merupakan margin of safety bagi kreditur. Besar kecilnya margin of safety berkisar antara dua puluh hingga tiga puluh persen dari perlengkapan.
Equipment loan biasanya diberikan oleh bank komersial, penjual perlengkapan, perusahaan asuransi, dana pensiun dan lembaga pembiayaan lainnya. Ada dua instrumen yang dapat dipergunakan untuk membiayai equipment ini yaitu melalui kontrak penjualan kondisional dan hipotek barang bergerak. Apabila perusahaan menggunakan kontrak penjualan kondisional untuk membiayai pembelian perlengkapan, penjual akan menahan sebagian sampai pembeli melunasi keseluruhan pembayaran sesuai dengan kontrak.
Jadi pada saat perlengkapan dikirim biasanya penjual menerima down payment dan pembeli bersedia untuk melunasi secara periodik. Pada saat pelunasan berakhir maka penjual akan menyerahkan perlengkapan yang ditahan atau mungkin surat-surat perlengkapan tersebut.
Yang kedua adalah hipotek barang bergerak, hipotek ini lebih umum digunakan oleh bank komersial. Hipotek ini sama halnya dengan pembelian gadai, dimana pemberian pinjaman memiliki atau menguasaihak gadai atas suatu perlengkapan dan peminjam akan melunasinya untuk jangka waktu tertentu. Apabila kemudian hari peminjam gagal untuk membayar pinjamannya, maka pihak pemberi pinjaman akan menjual perlengkapan yang ditahan tersebut.
3)      Leasing
Leasing merupakan suatu kontrak antara pemilik aktiva yang disebut dengan lessor dan pihak yang memanfaatkan aktiva tersebut disebut lessee untuk jangka waktu tertentu. Salah satu manfaat leasing yaitu lessee dapat memanfaatkan aktiva tersebut tanpa harus memiliki aktiva tersebut. Sebagai kompensasi manfaat yang dinikmati, maka lessee mempunyai kewajiban membayar secara periodik sebagai sewa aktiva yang digunakan. Manfaat lain bahwa lessee tidak perlu menanggung biaya perawatan, pajak, asuransi. Bentuk-bentuk leasing adalah.[6]
a)      Sale and lease back
Dimana perusahaan yang memiliki aktiva seperti tanah,bangunan dan peralatan pabrik menjual kativa tersebut kepada perusahaan lain dan sekaligus menyewa kembai aktiva tersebut untuk periode tertentu. Manfaat dari sale and lease back adalah penjual atau lessee menerima pembayaran segera sebagai tambahan dana yang dapat diinvestasikan keinvestasi lain dan bersamaan dengan itu lesse masih menggunakan aktiva yang dijualnya selama dalam dangka waktu perjanjian leasing. Lessee mempunyai kewajiban membayar secara periodik sebesar harga jual ditambah dengan tingkat keuntungan yang disyaratkan lessor.
b)      Operating leases
Jenis ini pihak lessor menyediakan pendanaan sekaligus biaya perawatan yang keseluruhannya tercakup dalam pembayaran leasing. Ciri utama bentuk leasing ini yaitu harga perolehan aktiva tersebut sebagai obyek leasing tidak diamortasikan secara penuh. Dengan kata lain pembayaran yang disyaratkan tidak cukup untuk menutup keseluruhan harga perolehan dan biaya perawatan aktiva. Namun demikian jangka waktu operating leass ini biasaya lebih pendek dari pada umur ekonomis yang diharapkan. Sehingga lessor berharap dapat menyewakan kembali kepada pihal lain atau menjual aktiva tersebut untuk menutup harga perolehan, biaya perawatan dan tingkat keuntungan yang disyarakan.
c)      Financial and capital leases
Dalam bentuk leasing ini lessor tidak menanggung biaya perawatan, tidak dapat dibatalkan, dan diamortasikan secara penuh. Dengan demikian lessor menerima pembayaran sebesar harga perolehan aktiva di tambah tingkat keuntungan yang disyaratkan. Pada umumnya lesse juga juga harus membayar pajak dan asuransi aktiva objek leasing tersebut. Perbedaan utama pada financial leases dengan operating leases adalah perusahaan memperoleh aktiva yang baru bukan aktiva yang selama ini digunakan. Seringkali dalam bentuk leasing ini melibatkan pihak ketiga yaitu pemberi pinjaman. Pihak ketiga ini memberi pinjaman kepada lessor untuk membeli aktiva, misalnya 80%dibiayai dengan hutang sedangkan selebihnya dari modal sendiri. Sebagai pemilik aktiva, lessor berhak mengalokasikan harga perolehan aktiva sebagai depresiasi. Sementara itu lessor juga dapat membebankan pembayaran bunga sebagai pengurangan pajak.
4)      Modal vetura
Merupakan bentuk pembiayaan penyertaan modal yang bersifat sementara kedalam perusahaan pasangan usaha (PPU). Setelah PPU tersebut mandiri baik segi pasar, pengelolaan, sertatelah memiliki modal usaha yang cukup,maka saham PPU yang dimiliki oleh perusahaan modal ventura akan dijual kembali kepada PPU pihak lain.
Karakteristik modal ventura yaitu:
a.       Pembiayaan modal ventura
Merupakan modal yang disertakan sebagai risk capital kepada seorang pengusaha individu atau suatu perusahaan yang mempunyai gagasan., akan tetapi tanpa disertai dengan jaminan seperti halnya pinjaman pada lembaga perbankan. Dasar utama yang terpenting dalam pembiayaan tersebut adalah keyakinan atas kemampuas seorang wirausaha dalam pengelolaan uasahanya, potensi serta prospek usaha dimasa yang akan datang, serta memiliki arah pegembangan usaha yang jelas.
b.      Pembiayaan oleh perusahaan modal ventura bersifat aktif,
Artinya perusahaan modal ventura terlibat atau melibatkan diri dalam kegiatan bisnis yang dibiayai, jika perlu perusahaan modal ventura ikut terlibat dalam unsur-unsur manajemen yang dapat turut menentukan keberhasilan usaha.
c.       Pembiayaan yang dilakukan perusahaan modal ventura pada semua sektor serta pada semua tingkatan pertumbuhan usaha tersebut.
d.      Penyertaan modal ini hanya bersifat sementara namun berjangka panjang, berkisar antara 3-6 tahun. Diharapkan pada kurun waktu tersebut perusahaan yang menjadi partner (perusahaan pasangan kerja) dapat mencapai tingkat pertumbuhan yang diinginkan bersama baik dari segi pemasaran, pengelolaan, serta keuangan, sehingga modal ventura dapat menarik diri dari kerjasama tersebut dengan cara menjual saham PPU yang dimilikinya (diinvestasikan)
e.       Keuntungan yang diperoleh perusahaan ventura adalah atas dasar bagi hasil berdasarkan prosentase tertentu dari laba bersih perusahaan, bukanlah bungan atas modal yang ditanamkan pada perusahaan tersebut.

Pada umumnya  jenis pembiayaan perusahaan modal ventura meliputi:
a)      Penyertaan saham langsung, jenis kemitraan ini adalah penyertaan langsung dalam bentuk saham diperusahaan pasang usaha (PPU) syarat dari pembiayaan ini adalah PPU tersebut sudah berbentuk perseroan terbatas (PT). Hasil yang diterima oleh perusahaan modal ventura adalah dividen,dividen tersebut akan ditentukan berdasarkan besarnya keuntungan dalam pembagian berdasarkan kesepakatan antara para pemegang saham.
b)      Penyertaan saham melalui obligasi konversi, jenis penyertaan ini adalah dalam bentuk surat hutang atau obligasi yang dapat dikonversikan kedalam saham yang dikeluarkan oleh perusahaan pasangan usaha (PPU), bila PPU tidak dapat memenuhi kewajiban penyelesaian hutang.
c)      Penyertaan partisipasi terbatas  (pola bagi hasil), jenis penyertaan ini yang biasa dikenal dengan menentuka suatu prosentase tertentu dari keuntungan setiap periode tertentu yang akan diberikan oleh perusahaan pasangan usaha kepada perusahaan modal ventura. Pola hasil ini sudah dikenal dan banyak diminati oleh beberapa pengusaha kecil.
3.      Sumber dana jangka panjang
Sumber dana jangka panjang adalah sumber dana yang tertanam dalam perusahaan lebih dari 10 tahun. Terdapat berbagai jenis sumber dana jangka panjang yang tersedia bagi perusahaan seoerti misalnya long term debt, saham preferen dan saham biasa. Utang jangka panjang ini dapat diperoleh melalu pinjaman bank atau dengan cara menjual obligasi. Obligasi dan saham preferen merupakan sumber dana dengan memberikan pendapatan y      ang tetap kepada pemiliknya, sementara saham biasa merupakan surat berharga dengan memberikan penghasilan tidak tetap kepada pemegangnya.

Yang termasuk alternatif hutang jangka panjang yaitu:
1)      Long term loan
Yaitu suatu bentuk perjanjian antara peminjam dengan kreditur dimana kreditur bersedia memberikan pinjaman sejumah tertentu dan peminjam bersedia untuk membayar secara periodik yang mencakup bunga dan pokok pinjaman. Hutang jangka panjang ini dapat diperoleh melalui bank, perusahaan asuransi, atau dapat juga kedana pensiun. Hutang janga panjang ini mempunyai tiga karakteristik yaitu cepat, fleksible dan biaya yang rendah. Hal ini disebabkan karena pinjama ini dinegosiasikan langsung antara peminjam dengan kreditur. Biaya administrasi yang menjadi relatif kecil dan diperlukan adanya persetujuan dengan pengawasan pasar modal seperti halnya jika perusahaan mengeluarkan obligasi.
2)      Obligasi
Yaitu surat tanda hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan sejumlah tertentu dan akan jatuh tempo paa waktu tertentu dan memberikan pendapatan sebesar bunga tertentu. Jatuh tempo obligasi umumnya 10 sampai 30 tahun, tetapi ada juga obligasi yang jatuh tempo 7 sampai 10 tahun.obligasi sebenarnya sama dengan hutang jangka panjang ynag diperoleh bank, hanya saja obligasi ini penjualnya dipublikasikan dan dijual dengan investor langsung. Tingakat bunga obligasi biasanya tetap dan dibayarkan satu tahun sekali atau dua kali dalam satu tahun.
3)      Saham preferen
Saham preferen sebagai hutang jangka panjang perusahaan, saham preferen memberikan pendapatan yang relatif konstan disamping itu biaya modal saham preferen cenderung lebih tinggi dari pada biaya hutang, karena resiko yang dihadapi pemegang saham preferen lebih besar dari resiko pemegang obligasi. Pemegang saham preferen memliki prioritas dalam pembayaran dividen.
4)      Saham biasa
Merupaka sumber dana yang permanen, karena akan tertanam dalam perusahaan untuk jangka waktu yang tidak terbatas selama perusahaan masih menjalankan kegiatan operasi. Pemegang saham biasa merupakan pemilik perusahaan yang sesungguhnya. Pendapatan yang diterima oleh pemegang saham biasa adalah laba setelah dikurangi pajak dan dividen saham prefeen secara teoritis.

C.    SISI BURUK PENDANAAN MELALUI HUTANG
Peningkatan utang bukanlah solusi optimal bagi semua masalah insentif. Contohnya, telah ditujukkan, sebagai proposi teoritikal, bahwa manajer perusahaan yang didanai utang punya insentif untuk memilih proyek yang lebih beresiko daripada yang aman; ini karena perusahaan dengan kewajiban utang tetap menikmati semua sisi baik potensi proyek beresiko tinggi tapi berbagai sisi buruk kerugiannya dengan pemegang utang, yang tidak sepenuhnya dibayar kembali jika hasil investasi buruk menyebabkan perusahaan jatuh.[7]
Pengungkit yang tinggi tidak selalu meningkatkan efisiensi, dapat dilihat jika perusahaan berpengungkit tinggi menderita kerugian dan mengalami kesulitan keuangan. Saat terjadi masalah keuangan kebutuhan memenuhi pembayaran bunga dapat memaksa manajemen mengambil prespektifyang berjangka pendek, mengarahkan perusahaan mengurangi produksi dan karyawannya, membatalkan bahkan proyek ekspansi yang berpotensi menguntungkan , dan menjual aset denagn harga yang murah. Karena resiko bangkrut besar, perusahaan dalam kesulitan keuangan tak dapat membuat perjanjian jangka panjang, mereka kehilangankonsumen dan penyedia yang takut mereka tak dapat mengandalkan hubungan yang sudah ada, dan mereka harus membayar premi upah untuk membayar pekerja. Kerugian efisiensi ini ditambah biaya kebangkrutan yang langsung (seperti biaya hukum) adalah sisi buruk dari pengungkit yang tinggi.

D.    ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA
Proyeksi keuangan digunakan untuk merencanakan kebutuhan pembiayaan. Sedangkan laporan sumber dan penggunaan dana digunakan untuk menunjukkan bagaimana dana diperoleh dan bagaimana dana yang dimiliki digunakan. [8]
Analisis sumber dan penggunaan sering disebut sebagai laporan ketiga dari laporan keuangan perusahaan. Berbeda dengan neraca, analisis sumber dan penggunaan dana memberikan informasi tentang bagaimana suatu perusahaan mencapai suatu posisi tertentu. Karenanya dalam laporan sumber dan penggunaan dana diidentifikasikan baik sumber maupun penggunaan dana yang terjadi dalam suatu periode tertentu.[9]
Suatu sumber dana diidentifikasikan  sebagai penurunan dalam nilai aktiva atau peningkatan dalam nilai pasiva. Sebagai contoh: penurunan nilai persediaan barang dan peningkatan nilai utang dagang. Sedangkan penggunaan dana adalah kenaikan dalam nilai aktiva atau penurunan dalam suatu nilai pasiva. Suatu kenaikan dalam nilai persediaan barang atau penurunan nilai utang dagang merupakan contoh dari penggunaan dana.
Selain itu laporan sumber dan penggunaan dana juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi praktek-praktek pembiayaan yang tidak benar. Suatu bentuk pembiayaan yang salah adalah apabila investasi dalam aktiva tetap dan aktiva lancar permanen dibiayai dengan utang jangka pendek. Kebutuhan alat likuid kas untuk memenugi kewajiban jangka pendek terjadi dalam satu tahun, sedangkan aktiva tetap mungkin akan menghasilkan arus kas setelah beberapa tahun.

E.     STRUKTUR MODAL DAN RENTABILITAS MODAL SENDIRI
Struktur modal menggambarkan proporsi antara utang jangka panjang dan modal sendiri. Sedangkan rentabilitas modal sendiri ( return in equity ) menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan bagi pemilik modal sendiri yang ada dalam perusahaan.  Artinya rentabilitas modal sendiri dapat menjadi ukuran efisiensi bagi penggunaan modal sendiri yang dioperasionalkan dalam perusahaan. Semakin besar rentabilitas modal sendiri maka semakin besar pula kemampuan perusahaan menghasilkan laba bagi pemilik modal sendiri.[10]
Apabila rentabilitas modal sendiri dapat digunakan sebagai ukuran bagi efisiensi penggunaan modal sendiri, jadi yang digunakan sebagai ukuran efisiensi penggunaan modal secara keseluruhan yaitu rentabilitas aktiva. Rentabilitas aktiva yaitu keseluruhan modal digunakan untuk membeli total aktiva sehingga rentabilitas aktiva (return on asset ) disebut sebagai rentabilitas total aktiva ( return on total asset).
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rentabilitas aktiva menunjukkan kemampuan seluruh modal yang ada, baik kodal pinjaman maupun modal sendiri, untuk menghasilkan laba. Oleh karena itu laba yang digunakan untuk menghitung rentabilitas aktiva adalah laba operasi (operating income) atau laba sebelum bungan dan pajak (earnings before interest and taxes, EBIT), sedangkan laba yang digunakan untuk menghitung rentabilitas modal sendiri adalah laba bersih (net income) atau laba sesudah pajak ( earning after taxes, EAT). Rentabilitas aktiva menggambarkan kemampuan seluruh aktiva untuk menghasilkan laba, maka rentabiitas aktiva dapat dihitung dengan cara membagi laba operasi atau laba sebelum bungan dan pajak (EBIT) dengan total aktiva. Caranya sbb:
1.       ................................................................................ (10.1)
Dimana:           = rentabilitas aktiva
                        EBIT   = earnings before interest and takes
                        A         = total aktiva
Berdasarkan Persamaan (10.1) itu, persamaan EBIT dapat ditulis sebagai berikut.
EBIT = rA (A) ...........................................................................(10.2)
Aktiva terdiri atas utang (debt = D) dan modal sendiri (equity = E), berarti A=D+E sehingga persamaan (10.2) dapat ditulis kembali sebagai berikut.
EBIT   = rA (D+E)
            = rAD + rAE ...................................................................(10.3)           
Setelah mengurangi pembayaran bunga (interest expenses) dari EBIT, maka akan diperoleh laba sebelum pajak (Earning Before Taxes, EBIT), dimana jumlah pembayaran bunga (i) dikalikan dengan jumlah utang (D). Artinya, EBT adalah:
EBT    = EBIT – iD
            = rAD + rAE – iD
            = rAE + (rA – i)D ...................................................................  (10.4)
Untuk memperoleh laba setelah pajak, jumla pajak dikurangkan dari EBT, dimana jumlah pajak itu adalah tarif pajak (t) dikalikan dengan EBT itu sendiri. Artinya, laba setelah pajak (Earning After Taxes, EAT), adalah
EAT    = EBT – t(EBT)
            = (1 – t) EBT
            = (1 - t) [rAE + (rA – i)D................................................(10.5)
Oleh karena renta bilitas modal sendiri (rE) itu dihitung dengan cara membagi EAT dengan jumlah modal sendiri E, maka persamaan rentabilitas modal sendiri (rE) adalah:
rE         = EAT
                  E
             = (1 – t)  [rAE + (rAE + (rA – i)D]
                                           E
             = (1 – t){[rA +(rA – i]D/E}............................................(10.6)
Manfaat yang diperoleh dari cara penghitungan ini membentuk suatu fungsi renatbilitas modal sendiri dengan mengikuti persamaan linier sederhana artinya persamaan :
 rE = (1-t) [rA + (rA – i)(D/E)]

            Dapat ditulis mengikuti persamaan linier berikut:
            Y = Ό + βX.............................................................................(10.7)
            Dimana:
Y= rE                    = rentabilitas modal sendiri yang dapat dianggap sebagai variabel yang dijelaskan.
X = D/E          = struktur modal atau leverage yang dapat diangap sebagai variabel penjelas.
             Ό = rA                 = rentabilitas aktiva sebagai intersept atau konstanta
β   = (rA – i)     = margin rate  yang menjadi slope persamaan garis tersebut.
Dari persamaan tersebut leverage merupakan variabel penjelas bagi rentabilitas modal sendiri. Bagian ini akan membahas masalah penentuan posisi struktur modal atau leverage  yang optimal. Posisi optimal persamaan tersebut terletak pada turunan pertama = 0, yakni:
             d(rE)    = (1-tA)(r-i)=0...............................................................(10.8)
             d(D/E)
Ada tiga kemungkinan pengaruh perubahan laverage D/E terhadap rentabilitas modal sendiri.
1.      Apabila rA > I, maka slope persamaan (10.7) Bersifat positif, artinya β sehingga penambahan laverage akan menaikkan rentabilitas modal sendiri dan tampak seperti grafik berikut ini.
Description: F:\1.jpg

2.      Apabila rA< i, maka slope persamaan (10.7) bersifat negatif, artinya β< 0 sehingga penambahan laverage akan menurunkan rentabilitas modal sendiri. Grafiknya akan nampak seperti berikut ini.
Description: F:\2.jpg

3.      Apabila rA = i, berarti slope β = 0 sehingga turun naiknya laverage tidakakanmempengaruhi rentabilitas modal sendiri dan akan nampak seperti grafik berikut ini.
Description: F:\3.jpg

Ketiga kemungkinan dampak perubahan laverage terhadap rentabilitasmodal sendiri dapat digambarkan dengan grafik berikut ini.
Description: F:\4.jpg
Secara klasik, prinsip penarikan dana dihubungkan dengan tujuan memaksimumkan rentabilitas modal sendiri sebagai berikut.
1.      Apabila rentabilitas aktiva lebih besar dari tingkat bunga atau rA= imaka sebaiknya pemenuhan kebutuhan dana diambil dari modal pinjaman, sebab penambahan laverage  pada kondisi rA> i akan menaikan rentabilitas modal sendiri. Jika perusahaan memaksa diri untuk memenuhi kebutuhan dananya dari modal sendiri, baik emisi saham baru maupun pemanfaatan laba ditahan, padahal rA> i maka secara teoritis akan menurunkan rentabilitasmodal sendiri.
2.      Apabila rentabislitas aktiva lebih kecil dari tingkat bunga atau rA< i, maka kebutuhan akan dana sebaiknya diambil dari penambahan modal sendiri, baik melalui emisi saham baru maupun pemanfaatan laba ditahan, sebab akan menaikkan rentabilitas modal sendiri. Jika perusahaan memaksa untuk menambah laveragepadahal rA< i, maka hal itu akan menurunkan rentabilitas modal sendiri.
3.      Apabila rentabilitas aktiva persis besarnya sama dengan tingkatbunga pinjaman, maka penambahan ataupun pengurangan utang tidak akan memengaruhi rentabilitas modal sendiri.

F.       STRUKTUR MODAL DAN MAKSIMALISASI KEMAKMURAN PEMILIK
Ada 3 teori utama yang menjelaskan tujuan perusahaan memaksimumkan kemakmuran Pemegang saham. Adapun ketiga teori tersebut berupaya menjelaskan permasalahan yang menanyakan bagaimana struktur modal yang dapat memaksimumkan nilai perusahaan. Teori tersebut adalah:[11]
1.      Teori tradisional atau klasik
Teori tradisional atau klasik yang menyatakan bahwa ada struktur modal optimal yang dapat memaksimumkan nilai pasar perusahaan dengan cara meminimumkan biaya modal rata-rata (average cost of capital ).
2.      Teori yang dikembangkan oleh Modigliani dan Miller,
Mengasumsikan bahwa pasar modal bersifat sempurna dan tidak ada pajak. Dalam teori ini mereka menyatakan bahwa nilai perusahaan dan posisi kemakmuran pemegang saham tidak dipengaruhi oleh sruktur modal.
Teori MM terjadi apabila:
a)      Tidak ada agency
b)      Tidak ada pajak
c)      Tidak ada biaya kebangkrutan
d)     Investor adalah price laker
e)      Investor memiliki informasi yang sama dengan manajemen megenai prospek perusahaan
f)       EBIT tidak dipengaruhi oleh penggunaan hutang
3.      Teori yang juga dikembangkan oleh Modgliani dan Miller, dimana mereka memperhatikan adanya pajak dan penggunaan utang dapat memaksimumkan nilai perusahaan dannposisi kemakmuran pemegang saham.
Sedangkan penilaian dari David Durand terdapat dua pendekatan untuk melakukan penilaian terhadap Leverage, yakni:
a.       Net Income Approach
b.      Net Operating Income Approach
Struktur modal akan digambarkan oleh pertimbangan antara utang obligasi dan saham yang disebut dengan istilah debt to equty ratio.  Untuk mengerahkan pembahasan mengenai struktur modal dalam hubungannya dengan tujuan memaksimumkan kemakmuran pemegang saham, maka beberapa asumsi berikut dapat dijasikan pegangan antara lain:
a.       Pasar modal sempurna
b.      Investor bertindak rasional
c.       Harapan investor didasarkan atas arus pendapatan masa datang yang di gambarkan melalui rata-rata pendapatan E(x) dan varian dari pendapatan (O2x).
d.      Harapan investor bersifat homogen
e.       Semua pendapatan dibagi sebagai deviden
f.       Tidak ada pertumbuhan arus pendapatan sehingga terdapat:
E(x1) = E (x1) = ......... = E(xn) = x
g.      Tujuan manajer adalah memaksimumkan nilai perusahaan bagi para pemegang sahamnya.
Contoh soal dalam menentukan penilaian terhadap laverage dengan menggunakan pendekatan net income approach
PT ANUGERAH memiliki hutang Rp 6.000 dengan bunga 5 % pertahun, sementara jumlah keuntungan yang diharapkan sebesar Rp 2.000 diketahui bahwa tingkat kapitalisasi modal sendiri (equitty capitalization rate) ke = 10% sehingga dapat dihitung sebagai berikut:
1.      Total nilai pasar perusahaan atau notasi V dapat dihitung sebagai berikut:
V         =          S + D
            =          x  - iD + iD
                                        ke         ke
                  =          Rp 2.000 - 0,05(Rp 6.000)  + 0,05 (Rp 6.000)
                                                      0,1                               0,05
                  =          Rp 17.000 + Rp 6.000
                  =          Rp 23.000

2.      Overall dincount rate atau overall cost of capital k0 adalah :
K0        =          x  = Rp 2.000    = 8,7 %
                        V    Rp 23.000
3.      Debt to equity ratio D/S adalah:
D         =          Rp 6.000    = 35,29 %
S                      Rp 17.000                  
Selanjutnya apabila menggunakan Net Operating Income contohnya adalah
PT ANUGERAH seperti disebutkan dalam contoh diatas mempunyai utang Rp. 6.000 dengan bunga 5% dan EBIT+ 2.000 sementara Overall Cost of Capital tetap sebesar k0=10%. Dengan demikian nilai perusahaan dapat dihitung sebagai berikut:
1.      Nilai total perusahaan V adalah:
V         =          x  = Rp. 2.000 = Rp.20.000
                        K0           0,01
2.      Tingkat kapitalisasi modal sendiri adalah:
Ke           =  x – iD = x – iD = Rp.2.000 – 0.05 (Rp.6.000) = 12,14%
                        S    V-D       Rp.20.000 – Rp.6.000
3.      Debt to equity ratio D/S adalah:
D         =          Rp. 6.000 = 42,86 %
S                      Rp. 14.000

G.    STRUKTUR MODAL DAN TEORI MANAJERIAL
Para tokoh merumuskan, diantaranya (Boumol,Galbraith, Maris, dan Williamson) mengenai struktur modal dan teori manajerial, rumusan mereka sebagai berikut:[12]
1.      Keutusan mengenai struktur modal itu harus dapat menjami keamanan kerja manajer.
2.      Manajer akan merasa pekerjaannya terjamin apabila rasio D/S dalam jangka penjang tidak menyimpang dari rasio D/S industri sejenis.
3.      Penggunaan hutang dipengaruhi oleh preferensi manajer mengenai pendanan intern yang digambarkan melalui pertumbuhan pendapatan dan kebijakan deviden. Jika manajer mementingkan growth dan dana intern tidak cukup untuk menutup kebutuhan bagi pencapaian rate of growth sperti yang telah lalu maka manjer berusaha mencari suber dana ekstern.
4.      Dalam pencarian dana utang, manajer memperhatikan sifat dan sikap para kreditor, sebab kreditor akan memperhatikan  deft-capacity perusahaan, besar aktiva, pertumbuhan potensal untuk waktu yang akan datang, variabilitas pendapatan dan lain-lain.
Atas dasar uraian tersebut, struktur modala kan ditentukan oleh:
1)      Struktur modal yang lalu
2)      Nilai D/S industri sejenis
3)      Besarnya aktiva
4)      Pertumbuhan aktiva perusahaan
5)      Stabilitas earning
6)      Tingkat inflasi yang diharapkan
7)      Divided-payout ratio
8)      Tingkat pertumbuhan perusahaan
9)      Biaya emisi saham baru
10)  Biaya utang
11)  Tarif pajak perusahaan
12)  Penyebaran pemilikan perusahaan
Selain itu penentuan struktur modal juga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:
a.       Tujuan perusahaan
b.      Tingkat leverage perusahaan yang sama dalam satu industri
c.       Kemampuan dalam intern
d.      Pemusatan pemilikan dan pengendalian suara
e.       Batas kredit
f.       Besarnya perusahaan
g.      Pertumbuhan aktiva perusahaan
h.      Stabilitas earning
i.        Biaya modal sendiri
j.        Biaya utang tarif pajak
k.      Perkiraan tingkat inflasi
l.        Kemampuan dana sumber utang
m.    Kebiasaan umum di pasar modal
n.      Struktur aktiva







BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Keputusan pendanaan adalah keputusan yang berhubungan dengan penentuan sumber dana yang akan digunakan, penentuan perimbangan pendanaan yang optimal, dan perusahaan menggunakan sumber dana dari dalam perusahaan atau akan mengambil dari luar perusahaan.
Sumber – sumber dana perusahaan dibagi menjadi dua bagian yaitu sumber modal ditinjau dari asalnya dan juga sumber modal ditinjau dari waktunya. Dari kedua sumber pendanaan tersebut terdapat sisi buruk pendanaan lewat hutang.
Secara klasik, prinsip penarikan dana dihubungkan dengan tujuan memaksimumkan rentabilitas modal sendiri sebagai berikut.
1.      Apabila rentabilitas aktiva lebih besar dari tingkat bunga atau rA= imaka sebaiknya pemenuhan kebutuhan dana diambil dari modal pinjaman, sebab penambahan laverage  pada kondisi rA> i akan menaikan rentabilitas modal sendiri. Jika perusahaan memaksa diri untuk memenuhi kebutuhan dananya dari modal sendiri, baik emisi saham baru maupun pemanfaatan laba ditahan, padahal rA> i maka secara teoritis akan menurunkan rentabilitasmodal sendiri.
2.      Apabila rentabislitas aktiva lebih kecil dari tingkat bunga atau rA< i, maka kebutuhan akan dana sebaiknya diambil dari penambahan modal sendiri, baik melalui emisi saham baru maupun pemanfaatan laba ditahan, sebab akan menaikkan rentabilitas modal sendiri. Jika perusahaan memaksa untuk menambah laverage padahal rA< i, maka hal itu akan menurunkan rentabilitas modal sendiri.


DAFTAR PUSTAKA

Sukardi Kodrat David dkk.2009.Manajemen Keuangan.Yogaykarta:Graha Ilmu
Moeljadi.2006.manajemen keuangan.Malang:Bayu Media Publishing
Ekonomister.blogspot.in/2010/1 diakses pada tanggal 1 november 2014 pukul 09.00
Husnan Suad.1986.Manajemen Keuangan (teori dan penerapan). Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta
J. Keown Arthur,dkk.2000.Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, terjem Chaerul D. Djakman.Jakarta: Salemba
Muslich Mochammad.2003.Manajemen Keuangan Modern.Jakarta:PT Bumi Aksara


[1]David Sukardi Kodrat dan Christian Herdinata,Manajemen Keuangan,(Yogaykarta:Graha Ilmu,2009),.hlm.135.
[2] Moeljadi,manajemen keuangan,(malang:Bayu Media Publishing,2006),.hlm.236.
[3] Ekonomister.blogspot.in/2010/1
[4] Ibid.
[5] Suad Husnan,Manajemen Keuangan (teori dan penerapan),(Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta,1986),.hlm.167.
[6] ibid.,hlm.173.
[7] Arthur J. Keown, dkk, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, terjem Chaerul D. Djakman, (Jakarta: Salemba, 2000), hlm. 562-563.
[8]Mohammad Muslich,Manajemen Keuangan Modern,(Jakarta:PT Bumi Aksara,2003),.hlm.86.
[9] Mohammad Muslich,ibid,.hlm.87.
[10] Moeljadi,manajemen keuangan,(malang:Bayu Media Publishing,2006),.hlm.236
[11] Moeljadi,manajemen keuangan, ...hlm.244.
[12] Ibid.,hlm.267.

27 komentar:

  1. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

                              Apakah Anda memerlukan kredit yang mendesak?

    * Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    * Biaya kembali di bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda di bank Anda
    akun bank
    * Tingkat bunga rendah 2%
    * Long term payback (1-20) Long
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    dari kru Pada perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan kemudahan pinjaman gratis kepada individu-individu yang berpikiran tulus, serius, perusahaan, badan hukum dan masyarakat umum dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besarnya, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak pelayanan yang memberikan kebebasan finansial kepada negara-negara bersatu (PBB).
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

      E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
      Viber resmi: +15186756750
      Instagram resmi: Rossamikefavor
      Twitter resmi: Rossastanlyloan
      Official Facebook: rossa stanley favor

    untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7
                                
                                       DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat ini di tempat kerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:



    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Assalamualaikum


    Calls Only::::{+16264653418}
    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  3. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  4. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  5. Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman jenis apa saja? Atau apakah Anda khawatir secara finansial? Apakah Anda harus melunasi hutang? Kami memberikan pinjaman kepada bagian dunia. Bunga pinjaman kami adalah 2% per menghancurkan dengan durasi dinegosiasikan, terlepas dari lokasi atau status kredit. Dapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui alamat email Perusahaan di: Morganpatrick517@gmail.com

    TOLONG DICATAT: Kami mengeluarkan dari minimal $ 500,00 / euro hingga maksimum 50.000.000,00 US DOLLAR / EURO, DLL Permintaan pinjaman harus dinyatakan dalam dolar AS atau euro dan mata uang lainnya yang digunakan.
    Pencari pinjaman yang berminat ada di bawah ini untuk mengisi formulir permohonan pinjaman untuk persetujuan.

    NAMA HUKUM PEMOHON
    Judul: Tn. Tuan / Tuan
    Nama keluarga:
    Nama depan:
    Tanggal lahir:
    Seks:
    Status sipil:
    Kerabat terdekat:
    Nomor Seluler dan email dari Berikutnya atau Kin:
    Alamat saat ini:
    Negara:
    Provinsi negara bagian:
    Kode Pos:
    Nomor telepon rumah:
    Bukan ponsel:
    Email alternatif:

    Jumlah kendaraan:
    B. RINCIAN PINJAMAN
    Tanggal aplikasi (hari / bulan / tahun):
    Jumlah Pinjaman Yang Diperlukan:
    Tujuan pinjaman:
    Pendapatan bulanan:
    Durasi pinjaman:

    BalasHapus
  6. Nama saya Ny. Yanti Ari. Saya pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Untuk beberapa saat, saya telah mencari pemberi pinjaman Pinjaman yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet begitu buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan permohonan sebesar 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    jadi, suatu hari yang setia saya membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh '' Dian Pelangi "perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ibu Ana Michael bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta dari pemberi pinjaman buruk padanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia mengatakan kepada saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya memanggilnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia berbicara kepada saya dan berkata saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba membagikan kabar baik saya agar orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)
    Ini adalah email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap untuk membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Nama: Yanti Ari
    Nomor telepon saya: +62 821-1644-0184
    Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184
    Kota: Medan
    Email saya: ARIY6261@GMAIL.COM

    Saya berdoa semoga Allah memberi orang-orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan saat saya diselamatkan. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang-orang saya jatuh ke tangan pencuri !!!

    BalasHapus
  7. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    CITY: BATU MALANG JATIMMY
    WHATSAPP: +62 877-4316-8500
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berputar.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk pergi, sekarang ALLAH menggunakan teman dan tetangga saya Ny Rini anggraeni yang membantu saya menghubungi MOTHER KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesia menghubungkannya dengan MOTHER KARINA, jadi saya menceritakan kepada ibu cerita saya, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelum itu saya meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, dengan harapan dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email atau whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi kabar baik sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    WHATSAPP ONLY: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  8. Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya telah selesai dengan saya, nama saya Susan Garcia, dari phillipine, Mrs.KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan saya hidup saya. Saya sangat berhutang budi kepada orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa perlombaan diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dilepaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman yang sah secara online sehingga saya harus mencari melalui blog yang saya selingkuh sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan itulah sebabnya ia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi saat saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa bersihkan semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak perlu bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa di dunia yang sulit ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di perusahaan Anda. Hidup dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Mrs.KARINA ROLAND di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut ini: (garciasusan113@gmail.com)

    BalasHapus
  9. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  10. PELUANG PINJAMAN !!!!!
    Anda tidak pernah terlalu muda untuk memulai sebuah kerajaan dan tidak pernah terlalu tua untuk memulai mimpi baru. Sebuah mimpi tidak menjadi kenyataan melalui sihir; itu membutuhkan keringat, tekad dan kerja keras. Dapatkan pinjaman dari kami hari ini untuk membantu Anda memasuki dunia baru kebebasan finansial Untuk Info lebih lanjut tentang cara mendaftar, Hubungi saya atau Email @: raymondwong@altafinance.org
    atau Whatsapp: 1213 433 3059 atau +62 8389943492

    BalasHapus
  11. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda membutuhkan dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  12. Kabar gembira untuk kalian semua orang Indonesia di platform ini, Tuhan yang setia kepadaku dan seluruh keluargaku sejak september 2020, kesaksian dan kabar baikku begini,
    Nama saya MAULANA ARIEF, Seorang pria Muslim dan saya dari kota Serang Indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
    Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, Saya seorang pemasar dan juga penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua yang ada di platform ini yang membutuhkan dan mencari pinjaman asli untuk sangat berhati-hati karena Internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda.

    Saya dan istri saya memiliki hutang besar yang harus dibayar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari dubia pada bulan Juli 2020, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan bertanya kepada kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar 60 juta Rupiah kepada perusahaan pinjaman palsu di dubia karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayarkan, kami tidak mendapatkan pinjaman apapun dan istri saya dan saya sangat frustasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami putus asa dan jenuh dengan kehidupan.

    Kepada Tuhan yang sangat baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami kepada seorang penolong dan pada hari setia 27, November, 2020 ini, saya sedang berselancar di internet ketika saya dapat menemukan kesaksian dari seorang wanita Indonesia bernama MELIYAKSI LAY dengan alamat email : (meliyaksilay@gmail.com)

    yang berasal dari kota batu malang jatim, tentang bagaimana Tuhan merubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi ibu karina dan dia memperkenalkan saya kepada ibu karina dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu karina oleh
    menghubunginya karena dia mendapat pinjaman dari MRS. KARINA yang merupakan pemilik dari PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, kemudian saya menghubungi MRS MELIYAKSI LAY untuk informasi lebih lanjut tentang MRS. KARINA jika dia benar-benar mendapat pinjaman dari MRS. KARINA dan dia berkata ya dan menunjukkan bukti transfer pinjaman dan saya percaya dan saya memutuskan untuk menghubungi MRS KARINA ROLAND dan saya mengajukan pinjaman sebesar 3 Miliar Rupiah dan setelah saya mengajukan aplikasi pinjaman saya dan data saya diverifikasi maka pinjaman saya disetujui dan Saya hanya diminta untuk mendapatkan perjanjian sertifikat pinjaman saya dan setelah itu pinjaman saya disetujui dan saya sangat terkejut. Pinjaman saya sebesar 3 Miliar Rupiah telah ditransfer ke rekening bank saya dengan tingkat bunga rendah 2% dan bahkan tanpa jaminan, tanpa penjamin
    jadi saya ingin menyarankan sesama WNI yang sedang mencari pinjaman asli untuk menghubungi MOTHER KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +1(585)708-3478

    Dia adalah satu-satunya pemberi pinjaman asli di platform ini dan di blog ini, dia adalah ibu yang baik hati, Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang MRS KARINA IBU melalui whatsapp atau email: +62 882-2827-3825 atau (maulanaarief461 @ gmail. com)

    Catatan: sepatah kata sudah cukup untuk yang bijak dan terima kasih telah membaca kesaksian saya dan kabar baik
    Tuhan memberkati kalian semua!

    BalasHapus
  13. NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352  

    BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA

    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com
                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    BalasHapus
  14. NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352  

    BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA

    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com
                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    BalasHapus
  15. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? @ PERUSAHAAN PINJAMAN KEMELA GUS, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KEMELA GUS LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Auto laons.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN KEMELA GUS
    Email: kemelagusloancompany@gmail.com
    WhatsApp hanya +1 (740) 280-2389.
    Instagram: Kemela Gus

    BalasHapus
  16. Salam untuk semuanya, nama saya Farah Ahmad, saya ingin membagikan kesaksian kehidupan nyata saya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp.14,4 juta, dari seorang pria di tempat yang tidak dikenal.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, sehingga saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian memperkenalkan saya dengan Nona Kemela, Direktur Perusahaan PINJAMAN KEMELA GUS, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Nona Kemela. Jadi saya menghubungi Nona Kemela melalui email: (Kemelagusloancompany@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +1 (740) 280-2389
    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp. 380 juta dengan bunga 2%, jadi pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya disuruh mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk transfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam setengah, uang pinjaman saya telah dicairkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya mendapat pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan Rp. 380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa saya dan Dia telah memberikan keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Nona Kemela Gus yang telah membantu memberikan hidup bebas stress finansial bagi saya, oleh karena itu saya sarankan bagi siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Nona Kemela via email: (Kemelagusloancompany@gmail.com)
    atau melalui
    WA: +1 (740) 280-82389 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin menghargai Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (Farahahmad665544@gmail.com)
    Salam

    BalasHapus
  17. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang nyaman untuk kepuasan Anda? Kami menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga 3% untuk peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, tepercaya, andal, efisien, cepat dan dinamis dan kami bekerja sama. kami memberikan pinjaman jangka panjang untuk maksimal 2 sampai 50 tahun.

    Apakah Anda memerlukan pinjaman langsung, mudah, dan terjangkau untuk melunasi utang, mendirikan bisnis, atau karena alasan lain? Jika demikian, silakan hubungi kami untuk mendapatkan pinjaman.

    Tawaran ini untuk orang yang serius.

    Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui: Email: bryanstefanloanfirm@gmail.com
    WhatsApp: +919654763221

    Kami bersertifikat,
    andal, efisien, cepat, dan dinamis.

    Hormat kami,
    Bryan Stefan
    bryanstefanloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  18. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang nyaman untuk kepuasan Anda? Kami menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga 3% untuk peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, tepercaya, andal, efisien, cepat dan dinamis dan kami bekerja sama. kami memberikan pinjaman jangka panjang untuk maksimal 2 sampai 50 tahun.

    Apakah Anda memerlukan pinjaman langsung, mudah, dan terjangkau untuk melunasi utang, mendirikan bisnis, atau karena alasan lain? Jika demikian, silakan hubungi kami untuk mendapatkan pinjaman.

    Tawaran ini untuk orang yang serius.

    Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui: Email: bryanstefanloanfirm@gmail.com
    WhatsApp: +919654763221

    Kami bersertifikat,
    andal, efisien, cepat, dan dinamis.

    Hormat kami,
    Bryan Stefan
    bryanstefanloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  19. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya rugi sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000 ,. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan dengan kejadian ini lagi. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00
    Baik ibu, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih atas kerja keras Tuhan yang baik dalam hidup saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasehat kepada orang Indonesia lainnya, bahwa mereka banyak penipu di luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany @ gmail. com
    Anda masih dapat menghubungi ibu nomor WhatsApp +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  20. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinarolandloancompany @ gmail com
    WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    instagram: karina rolan

    BalasHapus
  21. Saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman swasta, apakah Anda berhutang? Anda membutuhkan dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, mengembangkan bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah yaitu 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk bergabung dengan firma pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layana kami.

    BalasHapus
  22. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  23. Am Fx Bambang Kartiko Putro dari Surabaya dan saat ini berdomisili di Jl otista 82 RT 010 RW 012 Bidara Cina, Jatinegara Jakarta, Indonesia.

    Saya ingin mengucapkan selamat kepada perusahaan Pinjaman Ibu Rika Anderson atas dana cepat dan aman yang mereka berikan kepada saya tanpa jaminan.

    Saya mendapat 250 juta (Rp250.000.000) pada tanggal 28 Juli 2020 (28/08/2020) dari perusahaan pinjaman ibu Rika Anderson dengan bunga 2% untuk menyelamatkan hidup saya, pendidikan anak-anak saya dan bisnis furnitur.
    Saya menyarankan siapa pun di Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu rika tanpa penundaan. Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang dapat saya jamin 100% tanpa kekecewaan.

    Kontak melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    support@rikaandersonloancompany.com
    Situs web: rikaandersonloancompany.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    WA: +6285854125084
    Twitter: PinjamanRika
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloan

    Tanggal: 28 Juli 2020
    Email Saya: bambang.kartiko101@gmail.com
    Twitter: @KartikoBambang
    Instagram: bambang.kartiko101

    BalasHapus
  24. Halo nama saya Kaarima Hakim, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hidup saya. Dan untuk mengirimkan seorang ibu yang luar biasa seperti Nona Asmara, yang telah membawa kegembiraan dalam hidup dan rumah saya. Oleh karena itu, jika ada di antara Anda di sini yang ingin mengajukan pinjaman, harus menghubungi Asmara Hasan melalui email, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit yang nyata, Ikuti semua prosedur di perusahaan PINJAMAN ASMARA HASAN dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjaman. bijaksana dan bersinar mata Anda, sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Asmara Hasan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman @ asmarahasanloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga sehingga saya dapat memberikan informasi lebih lanjut dan perawatan. kaarimahakim@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  25. Halo nama saya Rida Yahya, saya dari Jawa Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hidup saya dan menggunakan perusahaan (Perusahaan Pinjaman Asmara Hasan) untuk mengubah hidup saya dari miskin menjadi kaya, , saya punya masalah finansial dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih atas kejujuran perusahaan. PERUSAHAAN PINJAMAN ASMARA HASAN yang membantu saya dengan pinjaman 380 juta dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya baru saja melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang saya dan keluarga saya bekerja dengan baik dan sekarang saya saya wanita bisnis yang baik.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman mendesak, saya akan merekomendasikan Anda kepada nyonya Asmara. di Email:: asmarahasanloancompany@gmail.com

    Silakan jika Anda mau, Anda masih dapat menghubungi saya riyahya1234@gmail.com
    Dan anda juga bisa menghubungi nomor WhatsApp Bu Asmara yang jujur +1 (802) 695-0723

    BalasHapus
  26. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddyteddy2234@gmail.com

    BalasHapus