Sabtu, 07 November 2015

Pengelolaan Modal Kerja



 PENGELOLAAN MODAL KERJA

A.  Pengertian Program Kerja
Menurut I Made Sudana dalam bukunya yang berjudul Manajemen Keuangan Teori dan Praktik pada halaman 69-70,Ada dua konsep tentang modal kerja yang sering digunakan,yaitu :
  1. Modal kerja kotor (Gross working capital),yaitu keseluruhan aktiva lancar yang dimiliki perusahaan. Dengan demikian keseluruhan aktiva lancar seperti kas,piutang dan persediaan merupakan modal kerja perusahaan.
  2. Modal kerja bersih (Net working capital),yaitu selisih antara aktiva lanacar dengan utang lancar.Dengan demikian bagian aktiva lancar yang diperuntukan membayar utang tidak termasuk modal bersih perusahaan. Dengan kata lain,modal kerja bersih merupakan modal kerja benar-benar dipergunakan untuk operasional perusahaan dan bukan untuk membayar utang.
B.  Pentingnya Modal Kerja
Modal kerja secara langsung berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan perusahaan sehari-hari. Sehingga manajemen modal kerja dianggap penting oleh perusahaan. Dan dibuktikan dengan berbagai alasan,yaitu :
a) Dalam perusahaan manufaktur,sebagian besar aktivanya merupakan aktiva lancar. Dengan demikian jumlah investasi dalam modal kerja cukup besar maka perlu dikelola dengan baik.
b) Ditinjau dari kegiatan manajer keuangan suatu perusahaan,lebih dari separuh waktunya digunakan untuk mengelola aktiva lancar. Dngan halini maka manajemen modal kerja sangatlah pentingbuntuk mnjaga kelancaran kegiatan perusahaan.

C.  Perputaran dan waktu terikatnya modal kerja
Modal kerja selalu dalam keadaan berputar selama perusahaan masih beroperasi.periode perputaran modal kerja dimulai dai saat uang kas diinvstasikan dalam unsur-unsur modal kerjasampai dana tersebut kembali lagi menjadi kas. Semakin pendek periode terikatnya uang kas pada masing-masing komponen modal kerja,berarti semakin cepat perputaran modal kerja tersebut. Perputaran modal kerja suatu perusahaan tergantung pada jenis perusahaan,kebijaksanaan pembeliandan kebijaksanaan penjualan dari perusahaan tersebut.

 a)      Perusahaan Dagang

b)   perusahaan pabrikan
KAS 1 atau Modal dijadikan upah TK. bahan baku,yang nantinya menjadi barang jadi,jika melakukan penjualan tunai,maka hasil penjualan tersebut menjadi kas 2. Sedangkan jika melakukan penjualan secara kredit,akan timbul piutang sebagai akibat dari penjualan kredit yang nantinya akan menjadi kas

2.Perputaran modal kerja secara kasar dapat ditentukan dengan cara sebagai berikut :
  • Perputaran modal kerja
 Penjualan bersih : Modal kerja rata- rata =..........kali
  • Modal kerja rata-rata
(modal kerja awal + modal kerja akhir ) : 2
  • Periode terikat modal kerja pada piutang
(360 hari : Perputaran Modal kerja) x 1 hari
Secara lebih spesifik perputaran modal kerja dapat dihitung dari perputaran masing-masing komponen modal kerja,sebagai berikut :
Perusahaan Dagang
a)      Modal kerja terikat pada barang dagangan
-Perputaran barang dagangan           
           Harga pokok penjualan : persediaan rata-rata
-Periode terikat modal kerja pada barang dagangan
(360 hari : Perputaran brg dag) x 1 hari
       b)    modal kerja terikat pada piutang
perputaran piutang 
penjualan kredit : piutang rata-rata= ..............kali
periode terikat modal kerja pada piutang
(360 hari : perputaran piutang) x 1 hari
Perusahaan Pabrikan
        a) modal kerja terikat pada bahan baku
             perputaran bahan baku
biaya penggunaan : rata-rata persediaan =.........kali
            periode terikat modal kerja pada bahan baku            (360 hari : perputaran bahan baku) x 1 hari
 b)   modal kerja terikat pada proses produksi :
       perputaran barang dalam proses
       biaya produksi : persediaan barang =..........kali
       Periode terikat modal kerja pada barang dalam proses  360 hari : perputaran barang   =       ....hari
 c)   modal kerja terikat pada barang jadi :
       perputaran barang jadi
harga pokok penjualan : persediaan rata-rata=..........kali
       periode terikat modal kerja pada barang jadi
360 hari: perputaran barang jadi =...hari
d)  modal kerja terikat pada piutang :
        perputaran piutang
Pejualan kredit : Piutang Rata-rata =..........kali
       periode terikat modal kerja pada piutang 
360 hari : perputaran piutang = ....hari
jadi periode terikat modal kerja secara keseluruhan adalah :
  • Terikat pada bahan baku              = a hari
  • Terikat pada barang dlm proses   = b hari
  • Terikat pada barang jadi               = c hari
  • Terikat pada piutang                     = d hari Total hari terikatnya modal kerja  = a+b+c+d hari

D. Kebutuhan Modal Kerja
Kebutuhan modal kerja (Working Capital Requirement/WCR) sangat penting bagi perusahaan karena aktiva bersih seperti kas, kebutuhan modal kerja, dan aktivitas tetap merupakan investasi yang diharapkan penyedia dana agar di berikan pengembalian yang kompetitive  oleh manajernya.
Kebutuhan modal kerja sangat erat kaitannya dengan siklus operasi perusahaan, waktu yang dibutuhkan mulai pembelian bahan baku sampai menjadi produk jadi disebut periode produksi, periode penjualan dilakukan beberapa hari atau minggu setelah produksi selesai.
Siklus operasi tidak berhenti sampai pada penjualan produk, apabila perusahaan memberikan keredit akan terjadi periode piutang yang menunjukkan lama waktu perusahaan untuk menagih utang tunai dari pelanggan setelah penjualan terjadi.
Bahan baku, produk setengah jadi atau produk jadi yang berada dalam perusahaan dikatakan sebagai persediaan sehingga jumlah periode produksi dan periode penjualan sama dengan periode persediaan. Lamanya siklus operasi perusahaan merupakan jumlah dari periode piutang dan persediaan, siklus ini berkaitan dengan investasi yang menunjang kegiatan operasi seperti penyewaan peralatan, gedung, serta aktiva tetap lainnya. Apabila perusahaan diberikan hak untuk menggunakan aktiva yang disewa tersebut selama 12 bulan kemuka, maka akan timbul biaya dibayar dimuka yang dikelompokkan sebagai aktiva lancar. Biaya ini sangat berkaitan dengan siklus operasi dan mewakili investasi lebih lanjut yang dibuat oleh perusahaan.

Perusahaan juga membutuhkan tingkat kas tertentu untuk menunjang operasi sehari-hari, misalnya pengecer perlu menyimpan uang kas dikasir jenis investasi ini disebut sebagai kas operasi untuk membedakan dari kelebihan kas.






Ringkasan  
{  Modal kerja secara langsung berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan perusahaan sehari-hari. Sehingga manajemen modal kerja dianggap penting oleh perusahaan. Dan dibuktikan dengan berbagai alasan,yaitu :
{  a) Dalam perusahaan manufaktur,sebagian besar aktivanya merupakan aktiva lancar. Dengan demikian jumlah investasi dalam modal kerja cukup besar maka perlu dikelola dengan baik.
{  b) Ditinjau dari kegiatan manajer keuangan suatu perusahaan,lebih dari separuh waktunya digunakan untuk mengelola aktiva lancar. Dngan halini maka manajemen modal kerja sangatlah pentingbuntuk mnjaga kelancaran kegiatan perusahaan.

Referensi:

Sudana, I Made. 2009. Manajemen Keuangan teori dan praktik .Cetakan 1. Surabaya :
Airlangga.

Husnan Suad dan Enny Pudjiastuti. 2012. Dasar – dasar Manajemen Keuangan. Edisi 6. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Sartono, R. Agus. 2008. Manajemen Keuangan teori dan aplikasi .Cetakan 2. Yogyakarta :
BPFE-Yogyakarta.
 

1 komentar:

  1. Halo semua,
    Nama saya nur syarah, saya dari kota Bogor, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak pemberi pinjaman di sini semuanya penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka bertanya lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua berbeda perempuan di Filipina, saya harap saya akan bertemu orang yang tepat, tetapi saya tidak.

    Tuhan adalah kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapatkan pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Margaret pedro, CEO perusahaan pinjaman Margaret, dan saya mengajukan permohonan 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari menjadi miskin.

    jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    sekali lagi terima kasih semua telah membaca kesaksian saya, hubungi ibu Margaret hari ini saya jamin, Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan. Semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    BalasHapus